Photo Levitasi, Sebuah Teknik Photo Terbang

By | 05.09 2 comments
Dalam dunia fotografi sekarang ini, apalagi di kalangan dunia remaja atau anak muda khususnya di Indonesia, sedang tren sebuah cara atau teknik mengambil photo yang dikenal dengan nama photo levitasi. Teknik ini sendiri diperkenalkan pertama kali oleh sebuah komunitas penggila fotografi yang bernama Levitasi Hore.

Apa photo Levitasi - Teknik photo levitasi merupakan sebuah Teknik dalam fotografi dengan membuat orang mauoun sebuah obyek photo mempunyai kesan seakan akan sedang melayang, atau terbang dengan tidak menggunakan satu atau beberapa alat bantu. Lalu bagaimana agar diperoleh kesan photo yang seperti itu ? Sebenarnya levitasi juga dilakukan dengan cara melompat, tetapi bukan sebuah lompatan yang umum dan biasa Anda lihat. Cara melompat dibuat sealami mungkin sehingga terkesan obyek photo tersebut sedang terbang.
levitasi-tehnik-photo-terbang

Tips Pengambilan photo Levitasi

Beberapa pengalaman yang dapat dijadikan tips untuk mendapatkan photo levitasi adalah :

1. Photo levitasi bukan photo Lompat (Jump Shot ) – walaupun photo levitasi sekilas memiliki kemiripan hasil dan teknik yang hampir menyerupai photo lompat, tetapi photo levitasi memerlukan sebuah teknik tersendiri. Intinya photo levitasi adalah menjadikan seseorang atau sebuah obyek photo terlihat sealami mungkin melayang di udara, jadi seakan akan orang atau obyek photo tersebut melakukan sebuah kegiatan di angkasa/ udara, dimana biasanya kegiatan itu dilaksanakan di darat.

Photo levitasi lebih merupakan sebuah penggabungan teknik photo dengan konsep sebuah photo. Semakin baik konsep photo tersebut dan semakin baik teknik photo tersebut, maka akan dihasilkan efek levitasi yang semakin kuat pula. Yang harus diperhatikan saat photo levitasi adalah :

a. Pose dari tubuh Anda - Hilangkan kesan bahwa Anda sedang melompat. Cirinya adalah bahu Anda terangkat, dada Anda membusung, kaki Anda melipat sempurna,kaki tangan Anda bergerak bebas dan terlihat kaku, rambut Anda biasanya berantakan. 
b. Ekspresi Muka – Muka Anda yang sedang melompat, biasanya akan terlihat amat ceria, terkesan ekspresi muka yang tertekuk, mulut Anda terbuka lebar. 
c. Pakaian dan asesoris saat Anda melompat, pada umumnya berantakan, demikian juga dengan asesoris yang terlihat kurang natural. 
d. Perhatikan Lingkungan Seputar Anda – Hilangkan benda benda yang memiliki ketinggian sehingga kesan bahwa Anda sedang melompat akan terlihat jelas, seperti adanya kursi, atau bangku, Permukaan lingkungan seputar Anda yang datar akan memperkuat kesan levitasinya karena Anda akan terlihat seakan akan baru terbang.

2. Gunakan kecepatan tinggi pada kamera Anda (minim 1/250 ). Perhatikan sudut pengambilan gambar. Sangat disarankan untuk mengambil gambar foto dengan teknik memotret dari bawah (low angle), dengan dibantu pencahayaan yang sangat terang sehingga obyek photo atau orang yang difoto tidak akan tampak ngeblur.

Demikian sederhana dan mudahnya teknik pengambilan photo levitasi, sehingga Anda dapat juga menggunakan kamera seluler atau bahkan kamera saku untuk membuat photo levitasi.
advertisement

2 komentar: Leave Your Comments

  1. Patut di coba, sekali saya coba dan capek loncat-loncat..hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lama n tekun dicoba, pasti bisa gan...

      Hapus